Bandar Lampung

Walikota Resmikan UPT Puskesmas Kampung Sawah

Spread the love

BANDARLAMPUNG, RATUMEDIA.ID — Wali Kota Bandarlampung Herman HN meresmikan gedung baru UPT Puskesmas Kampung Sawah, Jumat (12/2), Puskesmas tersebut rencananya akan diperluas kembali hingga menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Wali Kota Herman HN meminta tenaga kesehatan yang bertugas bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Layani rakyat dengan baik dan senyum. Biar lagi marah tetap layani dengan senyum, namanya orang lagi sakit, pasti (bawaannya) marah,” kata Herman HN.

Semakin banyak melayani rakyat, dokter, perawat, dan bidan yang bertugas juga mendapatkan penghasilan.

“Karena 60 persen masuk ke kantong petugas, hanya 40 persen masuk ke Puskesmas,” ujar dia.

Puskesmas Kampung Sawah merupakan satu-satunya Puskesmas di Kecamatan Tanjungkarang Timur yang telah berdiri sejak 1970 di atas lahan seluas 256 meter persegi.

Puskesmas berada tepat di pinggir Jalan Arjuna yang ramai arus kendaraan dan permukiman padat penduduk.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, mengatakan dengan kondisi lahan yang terbatas maka pelayanan kepada masyarakat tidak dapat maksimal. Utamanya ketersediaan ruang pelayanan yang terbatas dan lahan parkir di badan Jalan Arjuna.

“Alhamdulilah pada 2020 Pemerintah Kota Bandarlampung mendapatkan dana alokasi khusus bidang kesehatan sebesar Rp1,513 miliar untuk pembangunan Puskesmas Kampung Sawah,” kata Edwin Rusli.

Saat ini Puskesmas Kampung Sawah memberikan pelayanan bagi 42 ribu jiwa warga di 5 kelurahan se-Tanjungkarang Timur.

Puskesmas Kampung Sawah memiliki 64 pegawai dan tenaga kesehatan dimana 15 orang bertugas di 5 Poskeskel.

Adapun tenaga kesehatan terdiri dari 6 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 apoteker, 2 analis, 15 perawat, 12 bidan, dan 26 orang tenaga administrasi dan tenaga kesehatan lainnya.

“Jumlah tenaga kesehatan ditambah gedung yang representatif berlantai dua, insyaallah dapat mengakomodir kebutuhan ruang pelayanan Puskesmas sesuai Permenkes Nomor 49 Tahun 2019 tentang Puskesmas,” ujar Edwin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *