Bandar Lampung

Tiga Kelurahan Berikut Jadi Nominator Lomba Kelurahan Berprestasi

Spread the love

BANDAR LAMPUNG, RATUMEDIA.ID — Pemerintah Kota Bandar Lampung menggelar Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Tahun 2021, penilaian berlangsung mulai hari ini, Kamis (29/4).

Tiga kelurahan yang mengikuti penilaian Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Bandar Lampung Tahun 2021 yaitu Kelurahan Sumberejo Sejahtera (Kemiling), Susunan Baru (Tanjungkarang Barat), Pematangwangi (Tanjungsenang).

Tim Penilai terdiri dari 11 instansi di antaranya Dinas Kesehatan, PKK, BKKBN, Bagian Hukum, dan Dinas PMK.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana yang turun langsung melakukan penilaian mengatakan penilaian akan berlangsung secara objektif.

“Tim Penilai akan objektif penilaiannya, memilih untuk tingkat Kota Bandar Lampung, insyaallah kita juga menang di tingkat provinsi maupun nasional,” kata Eva Dwiana.

Wali Kota berharap kelurahan yang mewakili Kota Bandar Lampung di tingkat provinsi maupun nasional adalah kelurahan terbaik.

“Semua dinilai mulai dari hal yang terkecil. Siapapun yang mewakili Kota Bandar Lampung adalah mewakili yang terbaik,” pungkas dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (PMK), Jainudin, mengatakan Lomba Kelurahan Berprestasi merupakan kegiatan berkala tahunan.

Dimulai dari penilaian tingkat kecamatan untuk menentukan kelurahan yang mewakili kecamatan ke lomba tingkat kota.

“Karena ini dalam suasana Covid-19 maka lomba tidak kita lakukan seperti sebelumnya. Kita mengindahkan Protokol Keamanan Covid-19,” kata Jainudin.

Dia menjelaskan ketiga kelurahan yang menjadi nominator Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Bandar Lampung Tahun 2021 telah dinilai secara administrasi.

“Setelah ketiga kelurahan ini dinilai, baik administratif maupun teknis lapangan, nanti akan ditentukan kelurahan yang mewakili Kota Bandar Lampung di tingkat provinsi,” ujar dia.

“Setelah tingkat provinsi, insyaallah kalau kita menang, akan mewakili Provinsi Lampung untuk lomba tingkat nasional,” lanjut Jainudin.

Penilaian dilakukan berdasarkan beberapa kriteria namun secara umum, kata dia, kelurahan tersebut harus benar-benar kelurahan swasembada yang maju dari sisi pembangunan fisik kantor, pelayanan masyarakat, dan hasil kegiatan pembangunan yang ada di kelurahan itu.

“Kemudian tingkat partisipasi masyarakat dalam semua persoalan harus di atas rata-rata. Jadi membangun sebuah daerah, di samping perencanaan dan motivasi aparatur, juga harus melibatkan masyarakat,” kata dia.

Jainudin berharap penilaian formal yang dihajatkan sudah sejak 2 bulan lalu, bukan sekedar menjadi juara tapi menjadi instrumen motivasi kepada aparat dan masyarakat kelurahan untuk terus memacu diri dalam rangka membangun dan memajukan masyarakat.

“Penilaian dilakukan sudah lama, kalau pemantauan secara umum dilakukan Dinas PMK, kita monitoring terus walaupun tidak dalam tahapan lomba, untuk melihat perkembangan masing-masing kelurahan,” ujar dia.

Jainudin mengatakan pengumuman pemenang Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Bandar Lampung Tahun 2021 dilakukan awal bulan Mei 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *