Bandar Lampung

Arinal: Pelayanan Publik Langkah Utama Menuju Sukses

Spread the love

BANDARLAMPUNG, RATUMEDIA.ID- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menghadiri Penandatanganan dan Deklarasi Komitmen Kepala Daerah dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah (Pemda) se-Provinsi Lampung Tahun 2021.

Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung menghelat kegiatan itu di Swiss-Bell Hotel, Kota Bandarlampung, Kamis (27/5/2021).

Arinal Djunaidi menegaskan, para kepala daerah untuk mengingat janji-janji ketika kampanye, khususnya berkaitan dengan pelayanan publik.

“Saya akan ajak para bupati/wali kota karena pelayanan publik langkah utama menuju sukses. Bagaimana rakyat itu butuh pertolongan dan menunjukkan negara hadir di tengah rakyatnya,” ungkapnya.

Merujuk UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, ia menyampaikan, keberadaan pemimpin pada pemda masing-masing jadi harapan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan barang publik, jasa publik, dan administrasi publik.

Guna mewujudkan pelayanan publik berkualitas, menurutnya, butuh teamwork yang mampu bekerja efektif dan solutif menciptakan terobosan baru dan menghasilkan program cerdas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Arinal berharap para kepala daerah yang berkumpul pada kegiatan ini tak hanya ada program penilaian kepatuhan pemda terhadap pemenuhan standar pelayanan publik tapi juga menyadari bahwa pelayanan publik berkualitas dan pelaksanaannya merupakan kewajiban para kepala daerah selaku penyelenggara negara.

Kegiatan ini berangkat dari adanya program Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Program penilaian ini telah diselenggarakan Ombudsman sejak 2013.

Tahun ini Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung menyelenggarakan penilaian ini pada 16 pemda di Lampung. Juga menggelar workshop dan pendampingan penilaian kepatuhan standar pelayanan publik.

Wujud Komitmen

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf, mengapresiasi para kepala daerah yang hadir. Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud komitmen ingin memperbaiki pelayanan publik di Lampung.

Ia juga berterima kasih kepada Gubernur Lampung yang terus berpartisipasi aktif setiap kegiatan pelayanan publik.

Plt. Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK, Syarief Hidayat, mengungkapkan, KPK melalui Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik, Ombudsman, dan Kedeputian Pelayanan Publik Kemenpan RB akan kerja sama dan bersinergi, khususnya bidang pelayanan publik.

Tahun 2021, KPK fokus pada pelayanan publik oleh BPN, Kemendikbud, dan Kemenag terkait Program Indonesia Pintar. (rls/shn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *