Bandar Lampung

DPRD Desak Perluas Testing-Tracing untuk Tekan Kematian Akibat Covid-19

Spread the love

Bandar Lampung, RATUMEDIA.ID — DRPD mendesak Pemprov Lampung memperluas testing dan tracing guna menekan angka kematian akibat Covid-19.

“Begini rumusnya, kita harus memperluas testing dan tracing  serta rapid antigen agar tidak terjadi peningkatan kasus covid,” kata Anggota Komisi V Deni Ribowo, Senin (23/08).

Ia yakin hal ini efektif dilakukan karena merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk memutus mata rantai penularan covid di Lampung.

“Dengan testing dan tracing yang banyak maka semakin banyak pula yang ditemukan, jadi semakin banyak yang disembuhkan. Jadi tolonglah dilakukan secepatnya,” kata dia.

Politisi Demokrat ini menyontohkan, kalau ada lima pasien meninggal dunia, kemudian melakukan testing dan tracing hanya dengan 5 ratus orang, maka angka kematian menjadi tinggi.

Tetapi jika testing dan tracing semakin diperluas lagi dengan jumlah mencapai 10 ribu orang dan ditemukan lima pasien meninggal dunia, maka angka kematian menjadi rendah.

“Ketika kita melakukan testing dan tracing maka kita juga akan tahu di mana zona tempat penularan virus. Sehingga bisa memetakan penyebaran virus di tingkat RT/RW,” ujar Deni.

Sementara koleganya di Komisi V, Rahmat Mirzani Djausal mengatakan, rapid test menjadi solusi untuk menekan angka penularan Covid-19 dan menurunkan angka kematian.

“Semakin banyak rapid test, maka rasio terhadal tingkat kematian akan berkurang dan ini perlu kerjasama dengan seluruh stake holder yang memiliki visi yang sama. Semakin banyak dirapid test dan diisolasi, maka semakin banyak yang ditangani sejak dini,” kata Politisi Gerindra ini.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *