Bandar Lampung

Senator Ahmad Bastian SY, sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

Spread the love

Lampung Selatan, RATUMEDIA.ID — Sesuai amanah Undang- undang MD3. Senator Ahmad Bastian Sy, selenggarakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.

Sosialisasi 4 Pilar berlangsung didesa Pancasila, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, kegiatan berjalan dengan mengedepankan protokol kesehatan dan turut dihadiri Aparatur Perangkat Desa, Tokoh pemuda dan Warga setempat. Jumat, (11/11/2021).

Didampingi pakar ahli Abi Hasan Mu’an, Senator Bang Bas sapaan karibnya menyampaikan, “sosialisasi dilaksanakan sesuai pada ketentuan perundang- undangan MD3 yang menugaskan serta mewajibkan anggota untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi di masing-masing daerah pilih, “ucap Senator Lampung.

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dipandang sebagai sesuatu yang ditemui oleh para penyelenggara negara bersama seluruh masyarakat dan panduan dalam kehidupan berpolitik, tata pemerintahan, pengaturan hukum, sosial kemasyarakatan, dan berbagai dimensi kehidupan bernegara dan berbangsa lainnya.

“Dengan pengamalan prinsip Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, diyakini bangsa Indonesia akan mampu mewujudkan sebagai bangsa yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat, “lanjutnya.

Konsepsi tentang dasar negara adalah merangkum lima prinsip utama (sila) 3 yang tanpa dan menjadi haluan keindonesiaan yang dikenal sebagai Pancasila, Kelima sila itu terdiri atas:
1) Ketuhanan Yang Maha Esa;
2) Kemanusiaan yang adil dan beradab;
3) Persatuan Indonesia;
4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dipimpin dalam permusyawararan/perwakilan;
5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Rumusan kelima negara sila tersebut terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sejak pengesahan Undang-Undang Dasar ini pada 18 Agustus 1945, Pancasila dapat dikatakan sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi , ligatur (pemersatu) dalam perikehidupan kebangsaan dan kenegaraan, dan sumber dari segala sumber hukum, “Jelasnya.

ā€œMensosialisasikan 4 pilar Kebangsaan, di tengah masyarakat, merupakan kewajiban kami dalam memberi pemahaman serta meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap nilai- nilai yang terkandung dalam 4 Pilar, yakni: 1. Pancasila, 2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, 3. NKRI, dan 4. Bhinneka Tunggal Ika, “Tambahnya.

Lebih lanjut ditegaskan Ahmad Bastian duduk di Parlemen Senayan, 4 Pilar ini merupakan pokok utama yang perlu ditanamkan sedini mungkin dalam jiwa para mahasiswa, ormas, dan lainnya. karena merekalah yang akan menjadi generasi masa depan penerus bangsa, dan agar lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengenal dan mengamalkan Pancasila dan UUD Tahun 1945 dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu Ahmad Bastian menyambut hangat antusias masyarakat dalam menyimak, pemahaman sosialisai 4 Pilar.

“Peserta yang hadir dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar. Cukup antutias atas acara kegiatan pemahaman nilai- nilai leluhur bangsa, dan juga apa yang didapat terus dapat implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, “tutupnya, (Rls/Shn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *