Lampung Selatan

Wabup Lampung Selatan Ikut Seminar Tematik Kemiskinan

Spread the love

LAMPUNG SELATAN, RATUMEDIA.ID- Wakil Bupati (Wabup) Lampung Selatan/Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa, mengikuti seminar secara daring (webinar) tentang Tematik Kemiskinan.

Pandu Kesuma Dewangsa beserta jajaran terkait mengikuti kegiatan itu secara virtual melalui zoom meeting dari Ruang Kerja Wabup Lampung Selatan, Rabu (17/11/2021).

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung menggelar webinar Tematik Kemiskinan ini mengangkat tema “Ekonomi Kerakyatan Sebagai Solusi Dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan.”

Kepala Bidang Perencanaan Pemerintah dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Lampung, Eka Yuslita Dewi menjelaskan, webinar itu untuk mengetahui sejauh mana dampak pandemi Covid-19 terhadap para pelaku UMKM di Provinsi Lampung.

“Juga peluang kerja sama Pemerintah Provinsi Lampung dengan para perusahan e-commerce di Provinsi Lampung dan nasional untuk bersama-sama membantu mengembangkan pelaku UMKM di Provinsi Lampung berbasis digital,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya ingin meningkatkan kapasitas kemampuan wirausaha, khususnya bagi masyarakat pada usia produktif agar dapat mengembangkan usaha sehingga dapat mendukung peningkatan kesejahteraan ekonomi.

Sementara, Eka Yuslita Dewi juga menyampaikan sambutan Wakil Gubenur Lampung/Ketua TKPKD Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim.

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, mengatakan, penurunan angka kemiskinan merupakan prioritas kerja pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota.

Penurunan angka kemiskinan juga menjadi sasaran utama dalam pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) provinsi maupun kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

“Artinya, penurunan kemiskinan adalah terkait tugas bersama tidak hanya provinsi namun juga beban kabupaten/kota se-Provinsi Lampung serta pemangku kepentingan,” kata Chusnunia Chalim melalui Eka Yuslita Dewi.

Chusnunia Chalim menyampaikan, webinar mengangkat tema ekonomi kerakyatan ialah usaha bersama mendukung strategi pengembangan ekonomi mikro dan kecil, meningkatkan kemampuan, dan pendapatan.

“Adapun strategi yang dilakukan dari sektor ekonomi dengan upaya pengurangan biaya hidup, seperti bantuan langsung tunai dan peningkatan pendapatan melalui fasilitasi ekuidasi e-commerce sebagai salah satu provinsi agar UMKM kita dapat meningkat,” katanya.

Hadir sebagai narasumber, Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok Kementerian Koperasi dan UKM, Ari Anindya Hartika dan City Manager Tokopedia, Fithra Aulia. (rls/shn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *