Bandar Lampung

FKBN Wilayah Lampung Turut Aktif Dalam Kegiatan Sarasehan Nasional

Spread the love

BANDARLAMPUNG, RATUMEDIA.ID  —   Rangkaian kegiatan Sarasehan Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB), yang dilangsungkan di Universitas Lampung (Unila) pada 22-24 Desember 2021, hari ini dihadiri oleh Direktur Bela Negara Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto, S,Sos. beserta Kolonel Rahmat Kasubdit Lingdik dari Kementrian  Pertahanan  RI ,  (23/11/2021) 

Dalam kesempatan tersebut Forum Komunikasi Bela Negara (FKBN) Korwil Lampung,  yang dikomandani oleh Daing Toni,  ikut serta menyambut dan mendampingi , dari awal kedatangan hingga akhir acara.        DIsela kegiatan, dan sebelum meninggalkan Lokasi sarasehan ” sang Jendral ” sempat mengatakan ” SEMANGAT BELA NEGARA ”  , sembari mengepalkan Tangan.

Sehari sebelumnya Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., membuka kegiatan Sarasehan Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB), Rabu, 22 Desember 2021  . 

Dalam  kegiatan tersebut juga ,  Sekretaris Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., membacakan Deklarasi Lampung pada pembukaan Sarasehan Nasional FRPKB, di Student Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung (Unila), Rabu, 22 Desember 2021.

Dalam deklarasi tersebut, FRPKB menyatakan dua poin dukungan kepada pemerintah yakni mendukung dan berperan aktif dalam implementasi Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2024, melalui kegiatan tridarma perguruan tinggi yang dilaksanakan masing-masing kampus.

Kedua, mendukung dan menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi dengan segera membentuk satuan tugas dan secara aktif melakukan pencegahan dan penanganan sesuai ketentuan.

Pembacaan Deklarasi Lampung oleh Rektor Universitas Negeri Semarang ini disaksikan 23 anggota Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa yang hadir secara langsung dan secara luring melalui Youtube dan Zoom. Kegiatan turut dihadiri para wakil rektor Unila beserta jajaran pimpinan tingkat fakultas dan rektorat di di lingkungan kampus setempat. 

Terpisah satu sebelumnya, ketua Panitia kegiatan  menyampaikan  Sarasehan tersebut akan mengupas isu tentang Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, serta kekerasan seksual di lingkungan kampus.

“Kita sengaja sarasehan FRPKB bertepatan dengan Muktamar NU, supaya momen ini, untuk memperkenalkan sarasehan dan kampus Unila,” 

Ketua Pelaksana Sarasehan Nasional FRPKB, Ageng Sadnowo menyampaikan, inti dari acara forum rektor ini adalah titik tolaknya dimana para anggota rektor ini akan membahas bersama terkait langkah forum rektor kedepan.

“Seperti mendukung dan peran aktif atas peraturan dari pemerintah pusat, apapun bagian dari program nawacita presiden,” kata Ageng.

Apa yang diinginkan oleh pemerintah jelasnya, maka pihaknya juga mengambil bagian untuk ikut andil dalam penguatan bangsa.

“Fokus bagaimana penguatan karakter bangsa ini dimulai dari kampus, karena kampus inilah yang membentuk pola pikir mahasiswa. (ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *