Bandar Lampung

UIN Lampung Menuju World Class University

Spread the love

BANDARLAMPUNG, RATUMEDIA.ID- Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) meresmikan gedung akademik dan riset center serta gedung pusat kegiatan mahasiswa, Selasa (25/1/2022). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof Dr Nizar Ali Mag.

Peresmian dua gedung prestisius ini dihelat bersamaan dengan acara focus group discussion (FGD) bertemakan Pengembangan Layanan Akademik Berstandar Internasional dalam rangka UIN menuju world class university.

Rektor UIN RIL Prof, Moh Mukri, mengatakan, prinsip mengembangkan lembaga, yaitu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

“Kita harus terus berbuat nyata, harus ada progres dan capaian. Orientasinya bukan pada karya kata, melainkan karya nyata. Karya yang bisa dilihat mata, disentuh tangan dan dirasakan,” ujarnya.

Mukri juga berharap, kepercayaan publik yang terus tumbuh kepada UIN Raden Intan Lampung dapat diimbangi dengan peningkatan mutu.

Menurutnya, penambahan fasilitas termasuk pembangunan gedung dapat meningkatkan kualitas mutu dan layanan akademik maupun nonakademik.

Menurut Sekjen Kemenag Prof. Nizar Ali, dua gedung ini UIN Raden Intan Lampung sudah memiliki modal mencapai taraf internasional. Ini agar menarik minat mahasiswa asing menimba ilmu di UIN Lampung.

“Infrastruktur dibangun UIN, saya rasa sudah bertaraf internasional. Tinggal perangkat lunaknya yang dimulai dari kurikulum dan kerja sama yang dibangun,” ujarnya.

Nizar juga menyampaikan poin-poin pokok menuju world class university, salah satunya di mulai sebagai riset university.

“Layanan akademik berstandar internasional dapat meniru best practice yang sudah dilakukan perguruan tinggi luar negeri. Di antaranya dengan pengembangan International office dan website kampus berbahasa internasional (Arab/Inggris) aktif,” imbuhnya.

Dalam menuju visinya, UIN mengundang Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Nasrudin Irawan, menjadi narasumber untuk memaparkan materi mengenai awareness SNI ISO 21001:2018 tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan.

Menurut Nasrudin, ISO ini sangat penting sebagai alat manajemen umum yang dapat oleh semua organisasi pendidikan dalam menerapkan konsep, struktur, dan manajemen mutu.

Pembahasan dalam FGD ini akan dijabarkan ke dalam rekomendasi dan Indikator Kinerja Utama setiap unit kerja. Hal ini agar langkah dalam mewujudkan visi itu dapat terukur dan terarah. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *