Tanggamus

Sulpakar Cek Lokasi Pembangunan SMA/SMK di Pulau Tabuan

Spread the love

TANGGAMUS, RATUMEDIA.ID- Peduli terhadap pendidikan di Pulau terpencil, Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi, berjanji dan berkeinginan membangun satuan pendidikan baru di Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus.

Menindaklanjuti keinginan Gubernur Arinal Djunaidi ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, Drs. H. Sulpakar, MM, menggerak cepat turun ke lokasi meninjau Pulau Tabuan yang akan dibangun Unit Sekolah Baru (USB) SMA/SMK, Rabu (23/3/2022).

Sulpakar dan sejumlah pejabat Disdikbud, meninjau lokasi/lahan yang akan menjadi tempat pembangunan USB. Ia mengatakan, sebelum membangun sekolah maka berbagai hal perlu persiap, terutama masalah lokasi atau lahan.

Sulpakar mengatakan, setelah melalui kajian tim dan dinilai layak, harapan masyarakat Pulau Tabuan Cukuh Balak memiliki SMA/SMK akan terwujud dan bisa realisasi pada 2023.

Disampaikan ia, pada Musrenbang di Kabupaten Tanggamus pekan lalu, masyarakat meminta dibangun SMA di Pulau Tabuan yang saat ini sudah ada 3 SDN dan 1 SMPN.

Sebagai bentuk komitmen Gubernur Lampung dalam pemerataan pendidikan di Lampung terutama di pulau terpencil, Arinal Djunaidi menyanggupinya.

Pulau Tabuan merupakan pulau satu-satunya yang berada di Kabupaten Tanggamus dan masuk wilayah Adminiatrasi Kecamatan Cukuh Balak, posisinya terletak di dekat tengah pintu masuk Teluk Semaka.

Wilayah tersebut relatif curam dan berhutan lebat dan memiliki ketinggian 671 meter. Disana juga terdapat administrasi empat pekon yakni Pekon Sawang Balak, Pekon Suka Banjar, Pekon Karang Buah dan Pekon Kutha Kakhang. Untuk menuju kesana dijangkau melalui 1 jam perjalanan laut dari Pekon Putih Doh, Cukuh Balak.

Sulpakar bersama tim naik kapal untuk menuju Pulau Tabuan. Saat meninjau lokasi, Kadis Dikbud juga mengendarai motor dengan kondisi medan terjal.

“Mudah-mudahan keinginan masyarakat Pulau Tabuan untuk memiliki satuan pendidikan SMA/SMK terwujud. Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, sangat menginginkan adanya unit sekolah baru di pulau Tabuan Tanggamus,” ujar Sulpakar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *