Bandar Lampung

46 Kepala SMK Ikuti Program Kepala Sekolah Mengabdi Angkatan Pertama 2023

BANDARLAMPUNG, RATUMEDIA.ID- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, melepas 46 Kepala Sekolah Tingkat SMK untuk mengikuti Program Kepala Sekolah Mengabdi Angkatan Pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Tahun 2023.

Pelepasan dilakukan di Aula Mahan Agung, Selasa (9/5/2023) ditandai dengan penyematan tanda peserta.

Program Kepala Sekolah Mengabdi ini menjadi program pertama dan satu-satunya di Indonesia yang merupakan terobosan dan inovasi Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya meningkatkan pemerataan mutu dan kualitas pendidikan di Provinsi Lampung.

Pelepasan Program Kepala Sekolah Mengabdi ini merupakan kali kedua, dimana beberapa waktu lalu juga telah dilakukan pelepasan Kepala Sekolah Tingkat SMA.

Gubernur mengatakan program ini merupakan suatu terobosan yang sangat baik dalam upaya untuk menularkan tata cara pengelolaan sekolah yang baik kepada sekolah-sekolah yang lain di Kabupaten.

“Ini juga untuk mendorong penguatan kapasitas kepala sekolah, dan mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan di wilayah Provinsi Lampung,” ujar Arinal.

Arinal menjelaskan program ini sebagai langkah untuk meningkatkan mutu

SMK yang ada di Provinsi Lampung secara merata melalui pengiriman para kepala sekolah ke daerah-daerah.

Menurutnya, program ini juga merupakan bagian implementasi dari nawa cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan meningkatkan kualitas hidup manusia melalui peningkatan kualitas Pendidikan.

“Saya minta agar bapak/ibu peserta program ini untuk dapat meng-implementasikan pengalaman bapak/ibu semua dalam hal manajemen pendidikan berbasis sekolah,” katanya.

Arinal berharap para kepala sekolah yang mengikuti program ini untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola satuan pendidikan.

“Saya berharap kepada seluruh Kepala Sekolah Mengabdi SMK Provinsi Lampung, untuk dapat bekerja sebagai Kepala sekolah yang humanis, dengan menyampaikan ilmu yang sudah didapat selama puluhan tahun kepada peserta didik dan tenaga pendidik di sekolah tujuan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar mengatakan Program Kepala Sekolah Tingkat SMK Mengabdi ini akan dilaksanakan dari tanggal 15-19 Mei 2023.

Ia menjelaskan ke 46 Kepala Sekolah se- Provinsi Lampung ini akan ditempatkan di 12 Kabupaten yaitu Pesisir Barat, Lampung Barat, Way Kanan, Mesuji, Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat.

Kemudian Lampung Utara, Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Tengah, Pringsewu dan Lampung Selatan.

“Para kepala sekolah ini selama 5 hari akan mengambil alih kepemimpinan untuk memberikan contoh disekolah tersebut,” katanya.

Sulpakar mengatakan para kepala sekolah ini tidak hanya dilihat dari kemampuan akademis namun juga kemampuan dalam mengelola manajemen kepemimpinan dan sekolah yang telah ditetapkan melalui Kepmendikbud 17/M/2021.

“Kepala sekolah ini benar-benar memiliki kompetensi sehingga benar-benar memberikan contoh di daerah tujuan,” katanya.    (rls/ncu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *