Bandar Lampung

Sebabkan Banjir, Walikota Eva Dwiana Panggil Pengembang Citra Garden

Spread the love

BANDAR LAMPUNG, RATUMEDIA.ID    —    Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung panggil pengembang perumahan Citra Garden, atas insiden banjir di Kecamatan Telukbetung Barat, Selasa (16/4/2024).

Pemanggilan pengembang itu guna meminta pertanggungjawaban sekaligus mencari jalan keluar agar peristiwa banjir seperti Jumat dini hari, 12 April 2024, itu tidak terulang kembali.

Pasalnya, pengembang Citra Garden diduga telah melakukan alih fungsi saluran air di sekitar perumahan dari sungai sedalam dua meter menjadi gorong-gorong yang dangkal. Sehingga, saat air hujan turun gorong-gorong tersebut tidak mampu menampung debit air yang mengakibatkan gorong-gorong jebol dan terjadi banjir di pemukiman warga sekitar.

“Tindakan dilakukan Citra Garden atas alih fungsi sungai menjadi gorong-gorong yang dangkal merugikan masyarakat,” kata Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana.

Ia menambahkan, mengantispasi tidak terulangnya banjir, Eva meminta pengembang segera memperbaiki sekaligus mengontrol embung air agar tidak mengalir ke pemukiman warga.

“Embung yang ada di perumahan Citra Garden agar tidak seenaknya membuka pintu air. Karena hal itu dapat membanjiri wilayah yang ada di bawah perumahan,” tegas dia.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa Pemkot akan memberikan tali asih kepada warga terdampak banjir.

“Nominalnya beda-beda tergantung tingkat kerusakan,” tutur dia.

Sementara itu, perwakilan Citra Garden, Rudi, dihadapan Wali Kota Eva Dwiana, berjanji akan mengeruk sedimen yang mengendap di bawah gorong-gorong Citra Garden.

Sekaligus, akan melakukan pembersihan kotoran sampah yang menutup saluran air.

“Kami masih melakukan pembersihan,” pungkasnya. (rn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *