Bandar Lampung

Memperingati Hari Down Syndrom Sedunia, ATS Lampung Mengadakan senam Bersama.

Spread the love

BANDAR LAMPUNG, RATUMEDIA – bertepatan dengan hari down Syndrom sedunia, Komunitas Anak-anak Taman Syurga (ATS) Lampung mengadakan senam bersama yang di ikuti oleh anggota dan pengurus komunitas ATS serta masyarakat.

Acara ini juga di support oleh seniman Lampung bernama mbah surip yang melukis dengan media benang. Mbah surip berharap dapat menularkan keahliannya ini untuk anak2 ATS yang sudah mulai bisa mandiri.

ATS sendiri adalah komunitas para orang tua  anak berkebutuhan khusus dengan berbagai diagnosa di Lampung, seperti Cerebral Palsy, hydrocepalus, epilepsi, autis , athrogriposis multiplex Congenital, Laringo malasia, NCL, microchepaly, motoric delay dll,  yang salah satunya adalah anak2 dengan diagnosa Down Syndrom (DS).

ATS sendiri di dirikan sejak tanggal 27 Desember 2017 dan dilegalkan dengan

 Akta Notaris PPAT Agus Zulkarnain,S.H., M.Kn. No: 01/01-09- 2020

Kemenkumham :AHU-0008345.AH.01.07.TAHUN 2020

 dengan alamat  Sekretariat di Jl. Sultan Haji Gg. Lekipali No.50 LK. II RT. 002 Kota Sepang

Labuhan Ratu Bandar Lampung

Phone /WA : 0821-8379-9395

IG : ats_lampung

Fb: Ats Lampung Email :ats.anaktamansyurga@gmail.com

Anak berkebutuhan khusus, para disabilitas, dan para penyandang cacat lainnya pada umumnya adalah bagian dari masyarakat yang sering menerima dampak dari kondisi social budaya dan kebijakan yang  belum baik. Persoalan yang sering muncul di permukaan adalah persoalan diskriminasi kebijakan,diskriminasi perlakuan masyarakat, deharmonisasi keluarga, bullying, dan lain-lain. Tetapi yang lebih penting perlu dilihat adalah persoalan paradigma yang masih keliru mengenai disabilitas, anak-anak berkebutuhan khusus, maupun penyandang cacat lainnya yang  kemudian memunculkan sikap dan perlakuan yang salah.

Dalam hal ini anak anak disabilitas, anak-anak berkebutuhan khusus, maupun penyandang cacat lainnya perlu mendapat sorotan sangat penting. Pertama karena mereka adalah sama-sama warga yang sah dan berhak mendapatkan penghargaan dan perlindungan. Kedua,  karena mereka adalah pribadi-pribadi yang mempunyai kemampuan, bakat, dan kontribusi terhadap kehidupan. Ketiga, setiap  orang terus menerus tumbuh dan berkembang, terus belajar,dan bisa mandiri.

Ada   banyak hal yang harus dihadapi orang tua dalam mendampingi perkembangan anak-anaknya. Persoalan itu antaralain dari aspek kesehatan, nutrisi, psikologi, perilaku, sosialisasi, intelektualitas, keterampilan, kemandirian, dan lain-lain. Terkadang orangtua merasa bingung bagaimana semua aspek perkembangan tersebut bisa diusahakan dan bisa disinergikan.

Dari banyak persoalan yang  belum terselesaikan dan aspek penanganan ini yang tidak jelas, maka perlu diusahakan penyamaan paradigma, dan kesepakatan bersama antara praktisi, profesional, dan para orang tua. Sehingga dengan demikian proses pendidikan dan pendampingan anak semakin sinergi, berkesinambungan,   dan mendapatkan laporan perkembangan yang lebih baik. Melalui komunitas ini diharapkan para orang tua atau keluarga mempunyai pemahaman yang sama tentang penanganan yang  komprehensif dan juga muncul kesepakatan- kesepakatan di antara orang tua. Disamping itu juga ATS ingin membangun semangat kebersamaan dari banyak pihak, terutamanya dari pemerintahan  sehingga anak anak berkebutuhan khusus ini mendapatkan perhatian dan penanganan yang tepat.

Visi komunitas ATS : Mendukung partisipasi ABK untuk menjadi mandiri melalui peran orang tua dan masyarakat.

Misi komunitas ATS :

1. Menyediakan ruang komunitas bagi keluarga anak berkebutuhan khusus dan masyarakat sebagai sarana berbagai pengalaman, ilmu dan peran.

2. Membangun ruang komunitas individu berkebutuhan khusus.

3. Menyediakan program pendidikan seperti terapi pelatihan kemandirian, pelatihan keterampilan dan sosialisasi bagi individu berkebutuhan khusus

4. Menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat agar bisa memahami dan menghargai keberadaan individu berkebutuhan khusus.

5. Menggali potensi-potensi keterampilan yang sesuai dengan karakteristik individu berkebutuhan khusus.

6. Memberikan kontribusi memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus di Lampung.

7. Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak untuk merealisasikan visi dan misi komunitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *