Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Launching Aplikasi Permen Manis

Spread the love

Bandar Lampung, RATUMEDIA.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melaunching aplikasi berbasis android “Permen Manis” atau Pelayanan Melalui Online Masyarakat Duduk Manis.

Permen Manis merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung yang melayani penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil secara online.

“Hari ini kita launching pelayanan online. Mudah-mudahan pelayanan seperti ini menginovasi seluruh Kepala OPD,” kata Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, usai kegiatan “Sosialisasi Inovasi Daerah dan Pencanangan One OPD One Innovation” di Ruang Tapis Berseri Pemkot setempat, Kamis (6/5).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandar Lampung, Khaidarmansyah, berharap inovasi Disdukcapil Bandar Lampung dapat memotivasi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Tahun lalu, Bandar Lampung memperoleh penghargaan Kota Terinovatif. Mudah-mudahan tahun ini kita tidak melepas penghargaan itu dan malah kita tingkatkan gradenya,” ujar dia.

Kepala Disdukcapil Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin,dalam acara tersebut menjelaskan melalui aplikasi Permen Manis, masyarakat lebih mudah dalam pengurusan dan penerbitan dokumen administrasi kependudukan pencatatan sipil.

“Masyarakat terkait selaku Pemohon tidak harus datang ke Gedung Mal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Disdukcapil,” kata dia.

Dengan Permen Manis ini, lanjut Zainuddin, masyarakat dapat menerima sesuai dengan usulan yang dimohonkan dan proses pelaksanaannya dengan cara mengunggah secara dalam jaringan (daring) atau online melalui HP, Laptop, ataupun alat komunikasi lain.

“Untuk memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan kepemilikan dokumen yang dimiliki secara fakta dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar dia. (*)

Proses penerbitan dan pencetakan dokumen dapat dilaksanakan di rumah, kantor, atau tempat lainnya dengan cara mengakses laman website disdukcapil bandarlampungkota.go.id atau melalui Google Playstore HP android dengan Program Permen Manis Disdukcapil.

“Yang mana, bila persyaratannya telah terpenuhi maka tindak lanjut pemrosesan sampai dengan diterbitkannya dokumen yang diminta akan dikirim ke alamat email atau website Pemohon dalam bentuk file PDF atau Portable Document Format,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *