Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Menggelar “Sosialisasi Inovasi Daerah dan Pencanangan One OPD One Innovation”

Spread the love

Bandar Lapung, RATUMEDIA.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menggelar “Sosialisasi Inovasi Daerah dan Pencanangan One OPD One Innovation” di Ruang Tapis Berseri Pemkot setempat, Kamis (6/5).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana juga meluncurkan layanan online penerbitan dan pencetakan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil), Permen Manis, inovasi Dinas Dukcapil Bandarlampung.

“Hari ini kita launching pelayanan online. Mudah-mudahan pelayanan seperti ini menginovasi seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” kata Eva Dwiana.

Menurut Wali Kota, Kepala OPD di Bandarlampung sudah memiliki inovasi yang cukup luar biasa. Namun dia meminta agar masing-masing Kepala OPD semakin memperbanyak inovasi.

“OPD jangan inovasi satu aja tapi four, banyakin. Untuk OPD yang minim inovasi, sanksi tidak ada cuma evaluasi,” ujar dia.

Eva Dwiana mengapresiasi layanan online Permen Manis Disdukcapil Bandarlampung karena semakin memudahkan masyarakat dan lebih praktis dalam mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

“Buat Dukcapil, Permen Manis ini harus benar-benar ditelaah dan dikaji. Kita tidak mau ketika Permen Manis ini sudah berfungsi, justru lebih buruk dari pelayanan tatap muka,” kata dia.

Kepala Bappeda Kota Bandarlampung, Khaidarmansyah, mengatakan “Sosialisasi Inovasi Daerah dan Pencanangan One OPD One Innovation” digelar untuk menyepakati peta jalur penguatan inovasi daerah Kota Bandarlampung.

“Untuk menyosialisasikan rencana inovasi daerah yang akan dilaksanakan dan dikembangkan seluruh OPD selaras dengan rencana pembangunan daerah,” ujar dia.

Selain itu, lanjut Khaidarmansyah, sosialisasi juga untuk melakukan inventarisasi terhadap berbagai inovasi yang telah dilakukan OPD dengan gerakan One OPD One Innovation.

“Serta memastikan dukungan regulasi dan kebijakan dalam inovasi daerah,” kata dia.

Inovasi Disdukcapil Kota Bandar Lampung diharapkan bisa memberikan motivasi kepada OPD lainnya.

“Kita mengharapkan seluruh OPD melakukan inovasi karena merupakan penilaian inovasi daerah di tingkat nasional,” ujar dia.

Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin, mengatakan aplikasi berbasis android, Permen Manis, merupakan program terbaru yang dibuat oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Disdukcapil.

“Tujuan Permen Manis sebagai upaya awal, solusi untuk meningkatkan kualitas pemberian pelayanan bagi masyarakat yang akan mengurus pengajuan, pembuatan, dan penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dengan melalui konten,” kata dia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *