Eva Dwiana Janji Perlebar Sungai dan Drainase

BANDARLAMPUNG, RATUMEDIA.ID – Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, meninjau lokasi banjir terjadi kemarin sore di Kelurahan Kalibalau Kencana, Kecamatan Kedamaian, Rabu (16/3/2022).

Eva Dwiana berjanji akan melebarkan sungai dan drainase di Kedamaian.

“Kami minta maaf kepada warga karena lokasinya terendam banjir hampir satu meter. Semoga kami bisa segera selesaikan. Kami lihat drainase di beberapa perumahan sangat kecil dan kami sudah tegur. Jadi, kami lebarkan sungai dan drainasenya,” kata dia dilokasi.

Ia mengatakan, pemkot setempat berupaya mengatasi banjir sebelumnya. Juga telah melakukan program gerebek sungai pada semua kecamatan. Namun pelebaran sungai juga untuk menampung air agar berjalan baik.

“Banjir ini terjadi karena ada penyumbatan sungai. Kami juga menerjunkan tim dari Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan pascabanjir. Semoga tak ada korban, tak ada kerusakan, dan hanya air saja yang masuk,” kata dia.

Menurut Eva, banjir ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah, melainkan merupakan pekerjaan rumah bersama semua pihak, termasuk warga agar tak sembarangan buang sampah.

“Pemkot juga telah belajar bersama ke Cilegon cara mengolah sampah ini. Kami telah siapkan orang-orangnya dan bekerja sama Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). In syaa Allah menangani sampah ini bisa dimanfaatkan,” jelas Eva.

Karena itu, dia meminta agar warga bersabar selagi pemkot secara bertahap membangun drainase. Ini agar banjir segera teratasi.

Lurah Kalibalau Kencana, Hendra Setiawan mengatakan, pascabanjir sampai saat ini belum ada warga melaporkan kerugian. Karena, kata ia, Kalibalau ini mungkin sudah biasa banjir.

“Jika hujan deras, warga sudah siap-siap memindahkan barang-barang ke tempat aman. Alhamdulillah, itu sudah antisipasi,” katanya.

Hendra menilai, berkat terobosan pemkot atas program gerebek sungai bisa mengurangi tinggi volume air.

“Alhamdulillah, banjir bisa mencapai dua meter tapi saat ini sekitar hanya satu meter saja. Semoga kedepan pengerukan sungai ini memberikan dampak lebih besar lagi dan mengurangi banjir,” harapnya. (ncu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.