Bandar LampungPolitikWisata & Budaya

PKS Terus Komitmen Lestarikan Budaya Leluhur

Spread the love

BANDARLAMPUNG, RATUMEDIA.ID   —   PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Kota Bandar Lampung, khususnya DPC (Dewan Pengurus Cabang) Rajabasa, menggelar silaturahmi kekeluargaan dengan Keluarga Besar Perguruan Silat Keratuan Lampung Rajabasa, Ahad (26/6). Diterima oleh Pimpinannya, Toni M. Zakaria Gelar Ratu Banjar Bumi di padepokan perguruannya di Jalan Indra Bangsawan, Rajabasa, Bandar Lampung, silaturahmi jajaran Pengurus DPC PKS Rajabasa dan Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Bandar Lampung Dapil Rajabasa, Kemiling dan Langkapura, belangsung penuh keakraban dan kekeluargaan.

Ketua DPC PKS Rajabasa, Muhammad Arif Fajrun menyampaikan bahwa kehadirannya, dalam rangka Silaturahmi kepada tokoh Bandar Lampung, yang telah melestarikan Seni Budaya Lampung, khususnya di wilayah Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung. “Kami di PKS, selalu ingat dengan peribahasa, Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung . Artinya, kami ingin tetap bersama masyarakat, serta menghormati adat istiadat dan budaya yang telah berkembang di masyarakat, ” kata Fajrun.

Begitupun Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bandar Lampung, Agus Djumadi. Dia menyampaikan bahwa melestarikan budaya adalah tugas bersama. Bahwa Kiyay M. Toni Zakaria Gelar Ratu Banjar Bumi menjadi inisiatornya sejak tahun 1999, maka kita harus mengapresiasinya. “Kita harus banyak belajar dari Kiyay Toni, bagaimana beliau melestarikan Seni Silat Lampung sehingga menjadi satu hazanah budaya yang terus berkembang hingga hari ini. PKS berkomitmen untuk melestarikan budaya. Karena hal tersebut merupakan warisan kekayaan leluhur yang menguatkan kebangsaan kita,” kata Agus Djumadi.

Secara lokasi, Perguruan Keratuan Lampung ini begitu strategis, berada tak jauh dari pusat mobilitas warga dari Bandar Lampung ke luar dan sebaliknya, yakni Terminal Rajabasa. Tak jauh pula dari perbatasan Bandar Lampung dengan Lampung Selatan dan Pesawaran. Tak terlalu jauh juga dengan pusat edukasi, yakni Museum Lampung. “Jika dikemas secara baik, misal masuk dalam kalender wisata dan rute wisata / tourism Provinsi Lampung atau Bandar Lampung, akan menjadi destinasi wisata yang menarik, kaitannya dengan seni budaya. Hal ini mengingatkan saya tentang Bali, yang tertata rapi jalur wisata,” kata Agus Djumadi lagi.

Sementara, Toni M Zakaria, Pimpinan Perguruan Keratuan Lampung, menyatakan bahwa dirinya masih berhubungan erat dengan Almuzzammil Yusuf, Anggota Fraksi PKS DPR RI, sejak awal periode keduanya. “Alhamdulillah hubungan kami langgeng sejak periode kedua awal Pak Almuzzammil. Jika ada hal-hal tertentu yang disampaikan, beliau cepat meresponnya. Dengan orang tua beliau, Bapak Yusuf Djaiz pun dahulu saya berhubungan baik, termasuk orang tua kami” kata Toni M. Zakaria.

Terakhir, Toni M. Zakaria, mengucapkan terimakasih atas silaturahmi dan kunjungan PKS Rajabasa beserta Anggota DPRD Kota Bandar Lampung, ke perguruannya. “Terimakasih atas kepercayaannya menjadi tempat bersilaturahmi, semoga silaturahmi ini terjalin terus, ” pungkas Toni M. Zakaria.

Selepas berkunjung ke Perguruan Silat Keratuan Lampung, rombongan PKS Rajabasa melakukan ziarah ke makam tertua di Kecamatan Rajabasa, yang lokasinya di kompleks Terminal Rajabasa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *