Bandar Lampung

UIN Lampung Masuk 10 Kampus Hijau Berkelanjutan Versi UI Green Metric 2021

Spread the love

Bandar Lampung, RATUMEDIA.ID — Situs pemeringkatan kampus berkelanjutan, UI GreenMetric, merilis daftar top 10 kampus di Indonesia yang paling lestari. Pilar berkelanjutan ini mencakup bidang lingkungan, sosial, dan ekonomi.

UI GreenMetric merupakan inovasi pemeringkatan perguruan tinggi di dunia dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus yang digagas oleh Universitas Indonesia (UI). Pemeringkatan ini diluncurkan pada tahun 2010.

Melansir situs UI GreenMetric, Jumat (17/12/2021), instrumen yang digunakan dalam penilaian mencakup pilar keberlanjutan, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi. Termasuk di antaranya pengumpulan informasi dasar tentang ukuran universitas dan profil zonasinya, baik di perkotaan, pinggiran kota, atau pedesaan.

Selain itu, penilai juga melihat informasi yang berkaitan dengan konsumsi listrik, dalam hal ini berkaitan dengan jejak karbon, kemudian transportasi, penggunaan air, pengelolaan limbah, pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, dan pendidikan dan penelitian.

“Di luar indikator-indikator tersebut, kami ingin mendapatkan gambaran tentang bagaimana universitas menanggapi atau menangani isu-isu keberlanjutan melalui kebijakan, tindakan, dan komunikasi,” tulis UI GreenMetric.

Kesuksesan ini tidak terlepas dari perjuangan seorang tokoh besar Lampung yang saat ini menjabat rector UIN Raden Intan yakni, Prof.Dr. Moh.Mukri, M.Aq, yang notabenenya Ketua DPW NU serta Majlis Ulama Indonesia Provinsi Lampung, yang telah mengubah UIN menjadi luar Biasa. 

Perubahan tersebut bisa kita lihat bersama dengan megahnya gedung-gedung Rektorat serta kampung disulap menjadi gedung mewah. Belum lagi yang tadinya UIN tempat air bah dan becek saat ini resapan air ditata sedemikian rupa dengan membuat embung serta tanaman pohon yang begitu rindang. Sehingga UIN Raden Intan sekarang tidak pernah lagi kebanjiran saat musim hujan.

Bahkan ditangan dingin Prof.Mukri panggilan akrab Prof.Dr. Moh.Mukri, M.Aq, Kampus UIN saat ini kebanjiran mahasiswa saat pendaftaran baru. Sehingga sejak dijabat Prof. Mukri kenaikan siswa melonjak. Wajar jika bannyak pesaingnya yang merasa iri atas keberhasilan Prof. Mukri.

Belum lagi masalah organisasi NU. Sejak dipimpin Prof. Mukri NU Lampung sangat luar biasa serta bersemangat. Sehingga tidak heran jika keputusan PBNU, Pelaksanaan Muktamar NU Ke-34 diputuskan dilaksanakan di Provinsi Lampung. Prof.Mukri memang patut dibeikan penghargaan serta acungan jempol atas prestasi yang telah ditorehkannya untuk Lampung yang kita cintai.

Jadi masuknya UIN Raden Intan sebagai kampus paling berkelanjutan ini bukan kebetulan saja, ada indicator penilaian serta atas perjuangan seorang tokoh Islam di Lampung Yakni, Prof. Mukri. 

Indikator yang digunakan dan bobot penilaiannya adalah:

1. Setting and Infrastructure (15%)
2. Energy and Climate Change (21%)
3. Waste (18%)
4. Water (10%)
5. Transportation (18%)
6. Education and Research (18%)

Kampus berkelanjutan versi UI GreenMetric 2021
Jumlah peserta pada tahun ini mencapai 956 universitas dari 80 negara di dunia. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Pada pemeringkatan kali ini, UIN Raden Intan Lampung menduduki peringkat kedelapan sebagai kampus paling berkelanjutan dengan nilai keseluruhan sebesar : 7925.Berikut 10 kampus paling berkelanjutan tahun 2021 versi UI GreenMetric:

1. Universitas Indonesia
Total nilai: 8450

2. Universitas Diponegoro
Total nilai: 8400

3. Universitas Gadjah Mada
Total nilai: 8350

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Total nilai: 8275

5. Universitas Negeri Semarang
Total nilai: 8250

Baca juga:
10 Universitas Paling Indah di Dunia, Ada dari Indonesia?
6. IPB University
Total nilai: 8225

7. Universitas Sebelas Maret
Total nilai: 7950

8. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Total nilai: 7925

9. Telkom University
Total nilai: 7750

10. Universitas Islam Indonesia
Total nilai: 7700.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *